5 Fakta Unik Tentang Imlek yang Mungkin Belum Kamu Ketahui – Tidak lama lagi masyarakat Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek 2023. Tahun Baru Imlek ini ditandai dengan tahun Kelinci, khususnya kelinci air.

Di Indonesia libur Tahun Baru Imlek jatuh pada hari Minggu tanggal 22 Januari 2022 dan Cuti Bersama tanggal 23 Januari 2023. Mengutip dari laman chinesenewyear.net ada beberapa fakta yang mungkin sobat belum ketahui tentang Imlek. Yuk mari kita simak apa aja itu?

5 Fakta Unik Tentang Imlek

Imlek di China dikenal Sebagai Festival Musim Semi

Walaupun di China masih diwarnai dengan musim dingin, musim semi di China menandai akhir dari musim terdingin di negara tersebut. Tahun Baru Imlek dikenal juga sebagai Festival Musim Semi bagi masyarakat China. Pada malam pergantian tahun baru biasanya mereka akan mengkonsumsi ikan pada hidangan terakhir yang dianggap akan membawa keberuntungan.

Tidak hanya ikan, biasanya hidangan lainnya yang tersedia seperti sup nasi kepal, kue beras, dan pangsit yang diisi dengan koin bersih yang dipercaya juga akan membawa keberuntungan di tahun baru.

Tidak Ada Tanggal Pasti, Hari Tahun Baru Imlek Dapat Berubah Setiap Tahun

Kalender Lunar (sistem penanggalan Tionghoa) dan kalender masehi itu berbeda loh sobat. Kalau kalender Lunar menggunakan sistem perhitungan peredaran bulan sedangkan kalender masehi menggunakan sistem perhitungan peredaran matahari.

See also  Negara Asia Tenggara dengan Biaya Wisata Murah Meriah, Simak Rekomendasinya

Menurut Kalender Lunar, Festival Musim Semi jatuh mulai tanggal 1 Januari dan berlangsung hingga tanggal 15 (bulan purnama), sedangkan Tahun Baru Imlek biasanya berkisar dari tanggal 21 Januari hingga 20 Februari.

Imlek Menjadi Musim Libur Terpanjang di China

Seperti yang sudah kita simak bersama diatas, Imlek di China dikenal juga sebagai festival musim semi. Festival ini berlangsung selama 15 hari, namun dapat menjadi 40 hari ditambah dengan Festival Laba yang berlangsung setiap bulan Desember.

Migrasi Terbesar Dunia

Tidak jauh dengan perayaan keagamaan lainnya di Indonesia, biasanya tradisi Tahun Baru Imlek juga identik dengan berkumpul bersama keluarga. Biasaya masyarakat Tionghoa akan pulang ke kampung halaman yang sering disebut dengan “Chunyun” atau migrasi musim semi.

Makanan Penutup Imlek yang Memiliki Makna Khusus

Ada banyak makanan penutup yang biasanya dihidangkan saat Perayaan Tahun Baru Imlek, bukan hanya sekedar tradisi namun juga juga memiliki makna khusus. Seperti Tangyuan yang sangat populer menjadi makanan penutup Imlek yang memiliki makna reuni. Kue beras Nian Gao dan Fa Gao yang memiliki makna kesuksesan setiap tahunnya.

Itulah 5 fakta unik tentang Imlek yang mungkin belum kamu ketahui. Buat sobat yang ingin traveling keluar negeri untuk menyambut perayaan Imlek 2023 dapat memesan tiket pesawat dan hotel di Velindo Tour & Travel. Selamat Tahun Baru Imlek, Gong Xi Fa Chai 2023.