Apakah Kamu berencana menginap di hotel? Sudahkah Kamu memahami istilah dalam hotel dan artinya? Nah berikut ini adalah istilah dalam hotel yang wajib Kamu ketahui agar nggak salah paham.

Istilah Dalam Hotel dan Artinya

1. Booking / Reservasi

istilah dalam hotel dan artinya booking hotel

Istilah dalam hotel dan artinya yang pertama adalah booking. Reservasi ataupun booking adalah suatu tindakan memesan kamar hotel ataupun penginapan untuk digunakan pada tanggal atau periode tertentu sesuai dengan kebutuhan. Dalam konteks ini, “booking” merujuk pada tindakan mengamankan tempat penginapan dengan membayar sejumlah uang atau memberikan informasi pembayaran yang diperlukan. Proses ini umumnya dilakukan sebelum kedatangan tamu ke hotel.

2. Check-in

Check-in hotel adalah proses di mana tamu yang telah memesan kamar (booking) atau tempat penginapan di sebuah hotel tiba di hotel tersebut dan mendaftar untuk menginap. Ini adalah langkah awal saat tamu tiba di hotel dan berinteraksi dengan staf penerima tamu atau resepsionis. Proses check-in melibatkan beberapa langkah, dan tujuannya adalah untuk memberikan informasi penting kepada tamu tentang hotel, memastikan keamanan dan kenyamanan selama menginap, serta memberikan akses ke fasilitas dan layanan hotel.

3. Check-out

Check-out hotel adalah proses di mana tamu yang telah menginap di hotel meninggalkan tempat penginapannya setelah periode menginap selesai. Proses check-out ini melibatkan beberapa langkah untuk menyelesaikan transaksi pembayaran, mengembalikan kunci kamar, dan mengembalikan seluruh fasilitas kepada hotel dalam keadaan baik.

4. Extra Charge

Extra charge hotel merujuk pada biaya tambahan atau biaya ekstra yang dikenakan kepada tamu selain dari biaya dasar atau tarif kamar yang telah diumumkan. Biaya tambahan ini dapat berkaitan dengan berbagai layanan, fasilitas, atau keadaan tertentu yang melebihi atau tidak termasuk dalam tarif kamar standar

5. Extend

Extend hotel merujuk pada tindakan atau permintaan untuk memperpanjang masa menginap tamu di sebuah hotel. Jadi, ketika seorang tamu ingin tinggal lebih lama daripada yang telah diatur dalam awal pemesanannya, tamu dapat meminta untuk memperpanjang masa inap. Permintaan ini bergantung pada ketersediaan kamar di hotel dan setujuan pihak hotel.

6. Room Service

istilah dalam hotel dan artinya room service

Room service hotel adalah layanan yang disediakan oleh hotel untuk memberikan makanan, minuman, atau layanan kamar lainnya kepada tamu langsung di dalam kamar mereka. Layanan ini memungkinkan tamu untuk menikmati kenyamanan makanan atau minuman tanpa harus pergi ke restoran atau tempat makan di luar hotel.

See also  10 Tempat Wisata Dubai Terpopuler yang Wajib Kamu Kunjungi

7. Front Office / Receptionist

Front office hotel merujuk pada area atau departemen di hotel yang berhubungan langsung dengan tamu selama masa menginap mereka. Front office adalah pusat informasi dan pelayanan utama yang bertanggung jawab untuk menyambut, mendaftarkan dan memberikan informasi kepada tamu hotel.

8. Twin Bed

Twin bed di hotel merujuk pada tipe kamar atau konfigurasi tempat tidur di dalam kamar yang memiliki dua tempat tidur terpisah. Tempat tidur ini biasanya memiliki ukuran yang sama atau serupa, dan kamar dengan twin bed dirancang untuk menampung dua tamu yang ingin tidur terpisah.

9. Double Bed

Double bed di hotel mengacu pada tipe kamar atau konfigurasi tempat tidur di dalam kamar yang memiliki satu tempat tidur yang lebih besar dari ukuran tempat tidur standar. Tempat tidur double bed umumnya dirancang untuk menampung dua orang, meskipun ukurannya dapat bervariasi tergantung pada kebijakan dan standar hotel. Istilah “double bed” sering digunakan secara bergantian dengan “full bed” atau “standard bed.”

10. Breakfast

Breakfast hotel adalah layanan penyediaan sarapan yang disediakan oleh hotel kepada tamu yang menginap. Ini merupakan salah satu fasilitas standar yang umumnya ditawarkan oleh banyak hotel sebagai bagian dari paket menginap. Sarapan hotel bisa mencakup berbagai pilihan makanan dan minuman untuk memenuhi berbagai selera tamu.

11. Buffet

Buffet hotel adalah jenis penyajian makanan di hotel yang melibatkan meletakkan berbagai hidangan di area terbuka yang dapat diakses oleh tamu untuk melayani diri mereka sendiri. Buffet sering kali digunakan untuk menyajikan sarapan, makan siang, atau makan malam.

12. Early Check-in

Early check-in di hotel adalah layanan yang memungkinkan tamu untuk check-in ke kamar mereka sebelum waktu check-in resmi yang ditetapkan oleh hotel. Waktu check-in resmi dapat bervariasi antar hotel, tetapi biasanya berkisar antara pukul 14.00 hingga 16.00. Early check-in memberikan kemudahan bagi tamu yang tiba lebih awal dari waktu check-in resmi dan ingin segera mendapatkan akses ke kamar.

13. Late Check-out

Istilah dalam hotel dan artinya berikutnya adalah Late Check out. Ya Late check-out di hotel adalah layanan yang memungkinkan tamu untuk menunda waktu check-out mereka melebihi waktu resmi yang ditetapkan oleh hotel. Waktu check-out resmi umumnya berkisar antara pukul 11.00 hingga 12.00, tergantung pada kebijakan masing-masing hotel. Late check-out memberikan fleksibilitas kepada tamu yang ingin tetap lebih lama di kamar atau hotel sebelum meninggalkan akomodasi.

14. Room Rate

Room rate di hotel merujuk pada tarif atau biaya yang dikenakan kepada tamu untuk menginap di kamar atau tempat penginapan. Tarif ini mencakup biaya pemanfaatan fasilitas kamar, layanan, dan fasilitas umum hotel. Room rate dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis kamar, fasilitas yang disediakan, lokasi hotel, musim atau waktu, serta kebijakan dan standar pelayanan hotel.

15. Room Status

Room status di hotel merujuk pada kondisi dan status saat ini dari kamar penginapan, yang mencakup apakah kamar tersebut sedang ditempati, sedang kosong, atau dalam proses pembersihan atau perawatan. Informasi tentang room status sangat penting dalam operasional hotel untuk memastikan efisiensi, akurasi, dan kenyamanan tamu.

16. Full Booked

Full booked atau fully booked di hotel merujuk pada situasi di mana seluruh kamar atau inventaris akomodasi hotel telah dipesan atau terisi penuh oleh tamu. Dalam kata lain, tidak ada kamar yang tersedia untuk dipesan karena semua kamar sudah ditempati oleh tamu atau sudah dipesan untuk masa menginap tertentu.

See also  Pantai Mertasari Sanur, Objek Wisata Pantai Hingga Naik Unta

17. Bar

Bar hotel adalah fasilitas di dalam hotel yang menyediakan minuman dan sering kali juga menyajikan makanan ringan atau camilan. Bar hotel merupakan tempat yang nyaman bagi tamu untuk bersantai, berbincang-bincang, atau menikmati minuman sepanjang waktu tanpa harus meninggalkan lokasi hotel.

18. Minibar

Minibar hotel adalah fasilitas yang disediakan di dalam kamar hotel untuk menyediakan minuman dan makanan ringan kepada tamu. Ini biasanya berupa lemari kecil atau kulkas kecil yang diisi dengan berbagai jenis minuman non-alkohol, minuman beralkohol, dan camilan. Minibar memberikan kenyamanan kepada tamu karena mereka dapat menikmati minuman dan makanan ringan tanpa harus meninggalkan kamar.

19. Standard Room

Standard room di hotel merujuk pada jenis kamar yang merupakan tipe paling umum dan biasanya merupakan pilihan standar atau dasar yang ditawarkan kepada tamu. Standard room adalah kategori kamar tidur yang dapat dijumpai di sebagian besar hotel, dan fasilitas serta ukuran kamar dapat bervariasi tergantung pada kebijakan dan standar hotel tertentu.

20. Superior Room

Superior room di hotel adalah kategori kamar yang umumnya menawarkan beberapa keunggulan atau fasilitas tambahan dibandingkan dengan standard room. Superior room sering kali menjadi pilihan yang sedikit lebih luas atau lebih mewah daripada standard room, dan ini dapat mencakup berbagai fitur dan kenyamanan yang dapat meningkatkan pengalaman menginap tamu.

21. Deluxe Room

Deluxe room di hotel adalah kategori kamar yang menawarkan tingkat kenyamanan dan fasilitas yang lebih tinggi daripada standard room dan mungkin bahkan superior room. Kamar deluxe sering kali didesain untuk memberikan pengalaman menginap yang lebih mewah dan eksklusif kepada tamu.

22. Suite Room

Suite room di hotel adalah kategori kamar yang menawarkan ruang dan fasilitas yang lebih besar dan lebih mewah daripada standard, superior, atau deluxe room. Suite sering kali mencakup area tidur yang terpisah dari ruang tamu, dan dapat memiliki fasilitas tambahan seperti dapur kecil, ruang makan, atau bahkan ruang kerja. Kamar suite dirancang untuk memberikan pengalaman menginap yang lebih eksklusif dan nyaman bagi tamu.

23. Family Room

Family room di hotel adalah kategori kamar yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang bepergian bersama. Family room biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dan fasilitas yang dapat menampung lebih banyak orang dibandingkan dengan kamar standar atau kamar jenis lainnya. Tujuan utama dari family room adalah memberikan kenyamanan dan ketersediaan ruang yang cukup untuk seluruh anggota keluarga.

24. Bell Boy

Bellboy atau bell boy di hotel adalah staf atau petugas yang bertanggung jawab untuk membantu tamu dengan tugas-tugas seperti membawa barang bawaan, membantu proses check-in dan check-out, serta memberikan informasi umum tentang fasilitas hotel. Bellboy juga dapat dikenal dengan sebutan bellhop atau porter.

25. Extra Bed

Extra bed di hotel adalah fasilitas tambahan berupa tempat tidur yang disediakan di kamar untuk menampung lebih banyak orang daripada kapasitas standar kamar tersebut. Biasanya, extra bed digunakan ketika tamu ingin berbagi kamar dengan lebih banyak orang daripada yang seharusnya dapat diakomodasi oleh jenis kamar yang telah dipesan.

See also  Syarat Naik Kereta Api Terbaru 2023 di Indonesia

26. Add Room

Add room adalah tindakan menambah kamar ke reservasi hotel, hal ini mungkin terkait dengan proses pemesanan tambahan setelah reservasi awal. Misalnya, jika seseorang ingin menambahkan kamar tambahan ke reservasi yang sudah ada.

27. Move Room

Dalam konteks hotel, “move room” atau “room move” merujuk pada tindakan mengganti atau memindahkan tamu dari satu kamar ke kamar lainnya selama masa menginap mereka. Penyebab dari “move room” dapat bervariasi, dan perpindahan ini mungkin terjadi atas permintaan tamu, karena masalah teknis, atau kebutuhan hotel untuk tujuan operasional.

28. Rate Plan

Rate plan hotel adalah struktur harga atau tarif yang ditawarkan oleh hotel untuk kamar-kamar dan paket-paket tertentu. Setiap hotel dapat memiliki berbagai rate plan yang berbeda untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan preferensi tamu. Rate plan ini dapat berubah tergantung pada waktu, musim, atau kondisi khusus lainnya.

29. Contract Rate

Contract rate hotel mengacu pada tarif atau harga yang telah disepakati dalam suatu kontrak antara hotel dan pihak tertentu, seperti perusahaan, agen perjalanan, atau organisasi. Rate ini biasanya ditetapkan untuk periode waktu tertentu dan dapat mencakup berbagai jenis kamar serta fasilitas tambahan.

30. Peak Season Surcharge

Peak Season Surcharge atau tambahan biaya musim puncak di hotel adalah biaya ekstra yang dikenakan kepada tamu yang menginap selama periode waktu tertentu yang dianggap sebagai musim sibuk atau puncak. Pada saat-saat ini, permintaan penginapan biasanya tinggi, dan hotel menerapkan tambahan biaya untuk menanggapi tingginya permintaan dan meningkatkan pendapatan mereka.

31. Connecting Room

Connecting room di hotel merujuk pada dua atau lebih kamar yang saling terhubung satu sama lain melalui pintu internal atau pintu penghubung. Pintu penghubung ini memungkinkan tamu untuk berpindah antara kamar-kamar tersebut tanpa harus keluar ke koridor. Connecting room biasanya menjadi pilihan populer untuk keluarga besar, kelompok perjalanan, atau tamu yang ingin tetap dekat satu sama lain selama menginap di hotel.

32. Welcome Drink

Welcome drink di hotel merujuk pada minuman penyambutan yang disediakan kepada tamu saat kedatangan mereka. Minuman penyambutan ini diberikan sebagai tanda keramahan dan untuk memberikan pengalaman positif kepada tamu sejak awal kunjungan mereka. Welcome drink biasanya disajikan di area lobi atau selama proses check-in.

33. Valet

Istilah dalam hotel dan artinya yang terakhir adalah Valet di hotel yang umumnya merujuk pada layanan valet parking, yang merupakan layanan parkir di mana tamu dapat menyerahkan kendaraan mereka kepada staf hotel (valet) untuk diparkirkan dan kemudian diambil kembali saat diperlukan. Layanan valet ini dirancang untuk memberikan kenyamanan kepada tamu hotel, terutama dalam hal parkir kendaraan.

Nah itulah istilah dalam hotel dan artinya yang wajib Kamu ketahui sebelum nginap di hotel. Kamu dapat booking hotel di Velindo Tour & Travel dengan cara menghubungi Customer Service melalui live chat website, pesan Whatsapp, sosial media, telepon ataupun datang langsung ke kantor Kami di Jl. Pasar 3 Krakatau No. 130 Medan.