Tempat Wisata Bernuansa Imlek di Indonesia – Sebentar lagi kita akan menyambut Perayaan Imlek di Indonesia, khususnya masyarakat Tionghoa. Momen ini biasanya akan dimanfaatkan untuk berkumpul ataupun berlibur bersama keluarga besar. Nah buat sobat Velindo yang ingin merayakan Imlek di daerah Indonesia, berikut mimin rekomendasikan tempat wisata bernuansa Imlek di Indonesia yang dapat dikunjungi bersama keluarga besar kamu.

Tempat Wisata Bernuansa Imlek di Indonesia

Maha Vihara Maitreya, Medan

Maha Vihara Maitreya Medan

Vihara ini adalah salah satu Vihara terbesar di Indonesia. Terletak di Jl. Boulevard Utara 99-5 Komplek Cemara Asri, Medan. Vihara ini dibangun pada tahun 1991 ditanah seluas 4,5 hektar yang menjadi tempat peribadatan umat Buddha di Medan.

Selain digunakan sebagai tempat peribadatan, Vihara ini juga memiliki fasilitas lengkap seperti :

  • Lahan parkir yang luas
  • Auditorium yang dapat digunakan untuk berbagai acara besar seperti, resepsi pernikahan
  • Tersedia food Court atau kantin yang ada disekitar area vihara
  • Penginapan
  • Toko souvenir yang menjual aneka souvenir buah tangan
  • Taman bermain anak-anak
  • Toilet umum

Vihara ini terbagi menjadi 3 gedung utama yakni :

  • Buddha Sakyamuni
  • Bodhisatva Avalokitesvara
  • Bodhisatva Satyakalama

Perlu kamu tahu juga sobat, di Vihara ini akan sangat ramai saat ada perayaan umat Buddha seperti Imlek, Waisak, Cap Go Meh, kegiatan Bakti Sosial dan perayaan lainnya.

China Town, Jakarta

China Town Jakarta

Selain Medan, di Jakarta juga terdapat tempat wisata bernuansa Imlek juga loh. Ya, China Town atau yang lebih dikenal dengan Glodok adalah sebuah kawasan pecinan tertua di Jakarta. Di China Town kamu dapat mengunjungi beberapa tempat menarik yang membuat suasana Imlek kamu lebih menyenangkan :

See also  Asiatique, Wisata Bangkok Berkonsep Pasar Malam di Tepi Sungai

Pasar Petak Sembilan

Disepanjang Jalan Pasar Petak Sembilan kamu dapat berbelanja makanan ringan dan obat-obat tradisional khas negeri tirai bambu. Pada Perayaan Imlek biasanya pasar ini akan menjual lampion, angpao dan patung dewa dewi.

Gang Gloria

Gang Gloria dikenal sebagai tempat wisata kuliner. Namun kebanyakan yang dijual disini adalah makanan dan minuman Non Halal.

Toko Merah

Toko Merah dulunya adalah sebuah kantor perusahaan milik Belanda yang sekarang difungksikan menjadi tempat berfoto. Properti yang dapat digunakan adalah mobil antik yang akan menjadi background foto Instgrameable.

Klenteng Tanda Bhakti

Klenteng ini memiliki arsitektur yang unik loh. Bangunan dan hiasan pada bangunan ini identik dengan warna merah. Jika ingin datang ke Klenteng ini untuk melakukan peribadatan kami sarankan untuk datang lebih pagi.

Klenteng Sanggar Agung, Surabaya

Klenteng Sanggar Agung atau Klenteng Hong San Tang adalah sebuah klenteng yang berlokasi di JL. Sukolilo No. 100, Surabaya. Selain menjadi tempat peribadatan umat Tri Dharma, klenteng ini juga terkenal menjadi salah satu destinasi wisata bagi wisatawan.

Klenteng Sanggar Agung didirikan pada tahun 1999 dengan ciri khas Patung Dewi Kwan Im yang memiliki ketinggian 20 meter yang berada ditepi laut.

Klenteng Sanggar Agung Surabaya

Klenteng Sam Poo Kong, Semarang

Klenteng Sam Poo Kong Semarang bukan hanya digunakan sebagai tempat peribadatan umat Buddha loh, tempat ini juga dikenal sebagai destinasi wisata ikonik yang penuh sarat akan sejarah.

Bangunan Klenteng ini didominasi oleh warna merah dan merupakan simbol akulturasi budaya Jawa dengan China. Di tempat ini juga merupakan saksi sejarah perjalanan Laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah dunia yang terkenal asal China.

Tentunya Klenteng ini menjadi akan menjadi sangat ramai dan kami merekomendasikan klenteng ini menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi pada saat perayaan Imlek.

See also  Update Terbaru Daftar Terminal Soekarno Hatta Tahun 2023

Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Singkawang, Kalimantan Barat

Singkawang adalah kota yang terkenal dengan julukan Kota Seribu Klenteng. Berasal dari bahasa Hakka, dan kata “San Kew Jong”, Singkawang memiliki arti Kota yang berada dikaki gunung yang dekat dengan muara laut.

Terdapat bangunan khas dan unik yaitu patung naga yang berada ditengah kota yang dipercaya sebagai lambang kekuatan dan keberuntungan oleh masyarakat Tionghoa.

Singkawang Kalimantan Barat

Pagoda Taman Alam Lumbini, Karo

Tak perlu jauh-jauh untuk merayakan Imlek di Thailand ataupun Myanman. Di Pagoda ini kamu dapat merasakan suasana jalan-jalan keluar negeri seperti di dua negara tersebut. Replika Pagoda Shwedagon atau Pagoda Dagon Emas ini berada di Karo, Sumatera Utara. Kamu dapat menempuh waktu ± 2 jam dari Pusat Kota Medan.

Pagoda Taman Alam Lumbini Karo

Itulah beberapa rekomendasi temapt wisata bernuansa Imlek yang ada di Indonesia. Sebelum berangkat, pastikan untuk membeli tiket pesawat, hotel dengan harga murah dan terjangkau. Termukan harga menarik di Velindo Tour & Travel untuk liburan dengan budget yang lebih hemat.